Selasa, 13 Oktober 2009

lapisan es mencair turis membanjir

selalu terselip peluang bisnis dalam situasi sesulit apapun,termasuk saat efek pemanasan global mulai mengubah alam diujung utara dan seltan bumi.Ketika makin banyak lapisan es mencair di kutub Utara dan Selatan,biro perjalanan dan agen wisata,terutama dari eropa dan Australia,kustru berlomba-lomba menawarkan paker perjalanan ke Arktika dan Antartika.
Iklan wisata kekutub kini bertaburan di internet,dengan iming-imingm beraneka janji:melihat beruang kutub Utara dari dekat! Enam hari bercanda dengan pinguin Emperor di Atartika dan Arktika.Menikmati aurora terindah dan sebagainya.
Tarifnya pun berfariasi/beragam.mulai dari 280 dollar AS sampai lebih 1000 dollar AS.Bergantung pada daerah tujuan,lamanya waktu petualangan,dan fasilitas yang dinikmati wisatawan.Kapal-kapal pesiar pun makin sering menjelajah perairan yang dulu tak terlayari karena membeku.
Menurut Asosiasi Operator Tur International Antartika (IAATO) kunjungan turis ke daerah-daerah sekitar kutub Selatan meningkat empar kali lipat dalam beberapa tahun terahir.Pada periode 2007-2008,sekitar 46.000 turis mengunjungi Antartika,terutama kawasan semenanjungnya.
Kini lebih banyak turisketimbang jumlah ilmuwan dan stafnya yang melakukan penelitian di Antartika.Kegiatan wisata mereka bermacam-macam.Ada yang bermain jet sky,mendaki gunung es,lari marathon, bahkan berselancar," kata Scott Altman dari lembaga AntcticaProject.

Terdingin
Wisata ke daerah-daerah di Atartika,kutb selatan,memang lebih disukai ketimbang kutub Utara.Sebab Antartika dikenal sebagai benua terdingin.Rata-rata temperaturnya berkisar minus 80 sampai 90 derajat Celsius.Sementara suhu terendah di Arktika,kutub Utara adalah minus 68 derajat.
disamping itu,daratan es Antartika sering dijuluki sebagai "gurun es" terluas benua Arktika mencapai 14 juta kilo meter persegi,dan 98 persen diantaranya masih tertutp es.lantaran temperaturnya paling dingin sedubia,tetapi udaranya terasa kering seperti digurun.kondisi alam yang itu justru makin memperbesar nilai jual Antartika sebagai tujuan wisata.Namun,ketika makin banyak turis berdatangan ke Antartika,dampak negatif pun bermunculan.mulai penumpukan sampah hingga gangguan pada ritme kehidupan satwa liar disana.Kami tidak ingin Antartika menjadi sekotor Everest,imbuh Altman.
koresponden BBC di Semenanjung Antartika Christine McGourty juga mengeluhkan kapal-kapal pesiar yang kian sering berseliweran di perairan sekitar Antartika. Kini,lebih dari 1000 kapal pesiar menjelajahi Antartika,Sebenarnya pelayaran itu berbahaya bagi mereka.sebab kapal-kapal pesiar tidak dirancang untuk lincah bermanuver diantara bongkahan atau gunung es yang berteberan di perairan Antartika.==BERSAMBUNG===(Sumber berita SM 13/Okt/09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Pengikut

Tempat wisata yang menarik menurut anda dimana?